...

Ini Dia Rincian Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12

Artikel tentang rincian-rincian biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter mulai dari rincian bahan satuan, bahan kumulatif total dan biaya keseluruhannya.

Pengantar Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12

Kali ini kami akan hitung biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter dengan cara gampang. Dalam artikel ini kami akan membagikan pengetahuan tentang Rencana Anggaran Biaya (RAB) pondasi. Kami akan menjawab berapakah biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter. Biaya ini tidak dapat diterapkan secata umum karena ukuran 6×12 ini tidak dapat menjadi potokan, karena biaya pondasi ini akan ini bergantung design rumah masing-masing.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi biaya yang dikeluarkan dalam membuat pondasi rumah seperti tipe tanah, desain, dan lokasi dimana rumah tersebut dibuat. Sebelum membahas biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter, mari kita lihat terlebih dahulu keuntungan rumah menggunakan pondasi.

Manfaat Pondasi

Berikut beberapa argumen kenapa Anda harus memberi perhatian ekstra ke fondasi Anda dan menentukannya bisa berdiri dengan prima.

• Menyokong Rumah Anda

Fondasi akan terpendam di bawah rumah Anda. Arah intinya untuk menyokong rumah supaya tidak terbenam ke tanah secara tidak rata. Bila ini terjadi maka ada retakan dan kerusakan pada rumah Anda. Fondasi yang dibuat betul akan jaga rumah masih tetap rata dan berdiri secara betul, bahkan juga saat banjir atau gempa bumi.

• Menahan Pergerakan

Tingkat kelembapan tanah kerap berbeda, fluktuasi temperatur mempengaruhi keadaan tanah, lurus tektonik mengarah ke bawah, dan beberapa hal yang lain yang bisa mengusik rumah. Bila tidak memakai fondasi, akan ada beragam jenis permasalahan. Fondasi yang kuat bisa meredam tiap pergerakan angin-anginan yang terjadi di bawah dan disekitaran rumah Anda. Fondasi akan mentransfer beban susunan ke tanah atau bebatuan di bawahnya, untuk menghambat pengurangan atau gerakan yang terlalu berlebih.

• Menjaga Kelembapan

Fondasi yang kuat dan drainase yang bagus akan jaga air keluar ruangan bawah tanah Anda, jaga rumah masih tetap kering pada keadaan cuaca apa pun itu. Susunan anti lembab pada dinding fondasi bisa menghambat kelembapan melalui dinding beton, membuat rumah Anda bebas dari jamur dan kerusakan sistematis.

Ini Dia Rincian Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6x12

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Setidaknya ada tiga factor yang dapat mempengaruhi biaya yang dikelaurkan untuk pondasi, termasuk biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter ini. Berikut kita bahas satu per satu factor tersebut:

Design Rumah Ukuran 6×12 meter

Saat tentukan ongkos fondasi rumah design denah ini benar-benar memperngaruhi dari ongkos membuatan fondasi rumah tersebut, kalau pikirkan bila kita membuat sesuatu fondasi rumah dengan denah 2 tempat tidur, dan satunya kembali denah dengan 3 ruang tidur tentu saja keperluan ongkos akan semakin lebih besar yang 3 tempat tidur meskih ukurannya rumah tetap sama yaitu 6×12, ini karena bertambanya skat antara ruangan dari nanti bertambah material dan bahan saat membuat fondasi.

Tipe Tanah di Lokasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Tipe Tanah Lokasi tentukan besaran ongkos yang hendak dikeluarkan dalam pembikinan fondasi rumah, kalau seumpama tempat pembangun rumah itu keadaan atau tipe tanahnya bagus karena itu kita cuma tentukan kedalaman standard pembikinan fondasi yakni di dalam sekita lebih kurang 1 mtr., tetapi kika keadaan atau tipe tanah tempat pembangunany buruk atau seperti tanah rawa, karena itu kita harus perdalam galian fondasi bahkan juga bisa memakai fondasi telapak. agar nanti rumah tidak ada rengat retak karena terjadi perubahan tanah.

Wilayah Lokasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Ongkos yang dikeluarkan saat membuat fondasi ini dikuasai dari lokasi pembuatan rumah, mengapa, karen tiap lokasi mempunyai harga material yang berdeda berbeda, dapat dipikirkan kalau kita membuat rumah dilokasi dekat wilayah gunung berapi yang banyak hasilkan pasir dan batu seperti pada merapi, tentu saja harga makin murah dibandingkan yang jauh dari wilayah pemroduksi material itu.

Dari paparan di atas kami cuma dapat memberi deskripsi ongkos pembikinan fondasi dari kasus yang terdapat dan ini bisa berbeda ganti bergantung lokasi pembanguan itu, karena itu kami coba ambil kasus Biaya Pondasi Rumah 6×12 meter, dengan denah rumah seperti di bawah ini:

Design Rumah Ukuran 6x12 meter

Pada kasus denah di atas ada 4 ruang tidur, 1 ruangan tamu, ruangan keluarga dan dapur, pada bagian belakang ada tempat servis tempat taman dan kamar mandi.

Berikut adalah Langkah-langkah menghitung biaya pembikinan fondasi berikut penjelasannya:

Perhitungan Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Yang pertama kalinya ialah kita menetukan tipe fondasi, ini kali saya akan memakai Fondasi Batu Kali, tipe fondasi ini umumnya yang sering dipakai, memiliki bentuk seperti trapesium. Untuk satunya kita memakai unit Meter, dan berikut gambar pondasi:

Tentukan Luas Pondasi Rumah Ukuran 6x12 meter

Dari gambar fondasi di atas memerlukan galian sedalam 0,9-meter dan lebar 1,0-meter, dan ukuran fondasi untuk lebar bawah 0,7-meter dan lebar sisi atas 0,3-meter, yang pertama kalinya kita harus tentukan luas dari fondasi itu berikut rumusnya :

Tentukan Luas Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Luas = ½ x (a + c) x t

Luas = Luas Fondasi

a = Lebar bawah = 0,7-meter;

c = Lebar Atas = 0,3-meter;

t = Tinggi = 0,7-meter.

Jadi kalau dimasukkan angkanya sebagai berikut:

Luas Pondasi = ½ x (0,7 + 0,3) x 0,7

Luas Pondasi = ½ x (1) x 0,7

Luas Pondasi = ½ x 0,7

Maka,

Luas Pondasi = 0,35 M2

 

Tentukan Volume Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Sesudah kita ketahui luas fondasi, selanjutnya kita tentukan panjang fondasi dalam design rumah itu, silakan saksikan gambar denah di atas selanjutnya berapakah panjang dari fondasi itu.

Sesudah dihitung panjang keseluruhnya fondasi ialah 67 meter, setelah itu hitung volume dari fondasi itu berikut rumusnya:

Volume Fondasi = Luas Fondasi x Panjang Fondasi

Volume Fondasi = 0,35 x 67

Maka,

Volume Fondasi = 23.45 m3

Sesudah kita ketahui volume cara seterusnya kita harus cari keperluan material yang dihabis kan di dalam 1 meter. namun pada kenyataannya di lapangan saat kita memesan batu kali, bakal ada penyusutan. Oleh karena batu itu dipecahkan dan factor-faktor lain-lain. Prediksi penyusutanya ialah 1,20 dari volume yang dibeli. Jadi biasanya untuk memenuhi kebutuhan, kita akan kalikan dari volume fondasi x 1.20.

Volume material = 23,45 x 1,20 = 28,14 m3.

Jadi volume yang diperlukan dalam pembikinan podasi ialah 28,14 m3, selanjutnya kita akan tentukan tipe kombinasi fondasi itu pada intinya untuk pembagunan fondasi rumah yang simpel sederhana sehingga akan memakai perbandingan 1:8 untuk penggunaan semen dan pasir.

Sebagai perhitungan, kita akan mengambil asumsi kebutuhan masing-masing material adalah sebagai berikut:

  • 91 kg semen per m3 pondasi;
  • 0,584 m3 pasir per m3 pondasi; dan
  • 1,2 m3 batu kali per m3

Tentukan Kebutuhan Semen Untuk Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Selanjutnya mari kita hitung kebutuhan semen dan perkiraan biayanya.

Kebutuhan volume semen: 28,14 x 91 = 2.560 kg

Untuk berat 1 sak semen, terdapat dua ukuran yaitu ada yang 40 kg dan 50 kg, Kita asumsikan akan memakai ukuran yang 40 kg, sehingga hasil perhitungan diatas akan dibagi dengan 40 kg.

Jumlah sak semen = 2.560 kg: 40 kg/sak

Jumlah sak semen = 64 Sak Semen

Dengan asumsi harga satu sak semen ukuran 40 kg adalah sekitar 41 ribu, maka biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter untuk semen adalah:

Biaya Semen = 64 sak x Rp 41.000 /sak

Biaya Semen = Rp. 2.624.000

Tentukan Kebutuhan Semen Untuk Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6x12 meter

Tentukan Kebutuhan Batu Kali Untuk Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Selanjutnya mari kita hitung kebutuhan batu kali dan perkiraan biayanya.

Kebutuhan volume batu kali = 1,2 x 28.41

Kebutuhan volume batu kali = 34 m3

Harga batu kali adalah sekitar 1.700.000 untuk satu truk, apabila diasumsikan dalam satu truk tersebut berisi sekitaran 8 m3, maka perhitungannya adalah:

Biaya untuk batu kali= (34:8) x 1.700.000

Biaya untuk batu kali= 4,25 x 1.700.00

Biaya untuk batu kali= Rp 7.225.000

 

Tentukan Kebutuhan Pasir Untuk Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Selanjutnya mari kita hitung kebutuhan pasir dan perkiraan biayanya.

Kebutuhan Pasir = 0.584 x 28.41

Kebutuhan Pasir = 16.6 m3

Apabila harga pasir sekitar Rp 1.400.000 untuk satu truk, dengan asumsi bahwa satu truk ini berisi 7 m3 pasir, maka:

Biaya untuk pasir = (16,6: 7) x 1.400.000

Biaya untuk pasir = 2,37 x 1.400.000

Biaya untuk pasir = Rp 3.318.000

Tentukan Kebutuhan Pasir Untuk Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6x12 meter

Tentukan Total Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12 meter

Jadi, berikut adalah rincian biaya pondasi rumah ukuran 6×2 meter:

  • Batu kali 4-5 Truk Dump dengan kisaran harga Rp 7.225.000;
  • Semen 64 Sak dengan kisaran harga Rp 2.624.000; dan
  • Pasir 2-3 Truk Dump dengan range harga Rp 3.318.000

Maka, total biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter adalah Rp 13.167.000.

Nilai ini akan berbeda karena akan tergantung harga batu kali, semen dan pasir. Biaya diatas belum termasuk biaya tukang.

Penutup Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6×12

Kami mengucapkan terima kasih telah membaca artikel yang membahas tentang rincian-rincian biaya pondasi rumah ukuran 6×12 meter mulai dari rincian bahan satuan, bahan kumulatif total dan biaya keseluruhannya ini sampai dengan selesai, semoga bermanfaat.

One Studio Arch – Konsultan Desain Rumah Bandung

“Kami mendesainkan rumah yang Indah, Nyaman, dan Fungsional, tempat pelepas lelah kebanggaan dan Lambang Kesuksesan kerja keras Anda”

Kunjungi kami:

Konsultan Desain Rumah Bandung One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.