...

9 Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Mengelupas Praktis

Artikel yang membahas tuntas cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas dengan 9 tahapan, selain itu dibahas juga bahaya tembok lembab dan berjamur; dan jenis kelembabannya.

Pengantar Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Mengelupas

Tembok lembab menjadi satu diantara permasalahan yang pasti beberapa orang ingin jauhi. Masalahnya ini dapat hasilkan ruangan yang dingin dan kurang sehat untuk badan, dan dapat merusak susunan struktur bangunan tempat tinggal. Untungnya, ada beragam langkah gampang menangani tembok lembab ini.

9 Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Mengelupas Praktis

Namun sebelum kita bahas cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas, kita bahas terlebih dahulu bahaya yang mengancam akibat tembok lembab dan berjamur.

Apa Bahaya Tembok Lembab dan Berjamur?

Selain tampilan yang kurang sedap dipandang, tembok lembab dan berjamur juga bisa menyebabkan beragam permasalahan kesehatan untuk keluarga Anda. Berikut adalah kemungkinan bahaya yang disebabkan tembok lembab dan berjamur:

1. Alergi

Check kembali permasalahan kesehatan bagian keluarga Anda, jika kerap alami bersin dan gatal-gatal tanpa ada alasan, dapat menjadi jamur yang melekat di tembok rumah Anda jadi pemicunya.

Bila gatal dan bersin itu berkurang sesudah bagian keluarga Anda ada di luar rumah, bermakna mengisyaratkan tanda-tanda itu dipacu oleh alergi jamur. Di dunia klinis, kejadian itu dikenali sebagai mold allergy.

2. Sulit bernapas – cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

Anda perlu waspada bila ada jamur yang melekat di tembok rumah Anda, karena itu menjadi iritan pemroduksi racun, membuat iritasi kerongkongan, hidung, dan paru-paru.

Apa lagi bila ada antara bagian keluarga Anda yang disebut penderita asma. Tanda-tanda napas sesak barangkali langsung ada saat mereka mengisap spora jamur.

Sulit bernapas - cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

3. Sinusitis

Bahaya setelah itu beresiko terserang sinusitis. Sinusitis ialah infeksi pada rongga sinus yang dipacu oleh proses infeksi virus, bakteri, atau jamur.

Karena itu, dampak negatif Anda satu keluarga terserang sinusitis tinggi sekali jika tembok rumah banyak jamur mildew dan mold.

4. Terkena bakteri Escherichia coli – cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

Bahaya seterusnya jika tembok lembab dan berjamur yakni Anda bisa diserang beragam penyakit seperti infeksi aliran kemih, pneumonia, dan diare.

Adapun tanda-tanda yang bisa Anda rasa yakni lemas, ngilu perut, muntah, kurang kuat, lemas bahkan juga dehidrasi.

5. Terkena Staphylococcus aureus

Selainnya bakteri Escherichia coli, bahaya lain yang dapat mengincar jika mempunyai tembok yang lembab ialah terkena bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri ini bisa serang beragam organ badan, seperti persendian, kulit, dan aliran cerna. Tanda-tandanya juga berbagai macam, sesuai organ badan yang terserang. Pada umumnya tanda-tandanya yakni napas jadi lebih cepat, demam, tekanan darah rendah, bahkan juga resah.

Setelah mengetahui bahayanya, mari kita lanjutkan dengan membahas 9 cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas.

9 Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Mengelupas

Berikut cara-cara menangani tembok lembab dan terkelupas yang dapat Anda coba di dalam rumah.

Berikut adalah langkah cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas selengkapnya.

1.Check sisi bangunan lebih dahulu

Salah satunya langkah yang penting dilaksanakan saat coba menangani tembok lembab ialah mengecek sisi bangunan lebih dahulu. Ini mempunyai tujuan mengecek apa pemicu dinding tembok jadi lembab.

Anda mulai bisa memeriksa mulai dari atap bangungan, talang, aliran pipa, sampai retakan yang ada di lantai dan dinding. Umumnya pada bagian dinding yang lembab, ada kebocoran atap hingga dapat merembes masuk ke tembok.  Janganlah lupa check dan membersihkan aliran pembuangan AC sampai tipe tanaman yang tumbuh dekat sama dinding karena ini cukup hanya punya pengaruh.

Jika sudah bisa dibuktikan ada kebocoran di bagian atap, tidak boleh dibiarkan saja. Selainnya pasti terus bocor saat hujan tiba, tembok Anda akan makin rusak. Seharusnya selekasnya benahi atap yang bocor. Tidak boleh kerjakan cara ini sendirian saja. Lebih dianjurkan panggil tukang yang telah pakar supaya tugas berjalan mulus dengan hasilnya optimal.

Jika pemicunya telah dijumpai, mencari langkah pas untuk menangani permasalahan ini. Kerjakan juga usaha penangkalan supaya dinding tembok tidak lembab kembali dan kamu harus mencari jalan keluarnya.

Bersihkan cat terkupas - cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

2.Bersihkan cat terkupas – cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

Langkah seterus cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas untuk membikin performa tembok kembali prima ialah bersihkan cat yang terkupas. Anda dapat membersihkan dengan cairan paint remover. Cairan ini benar-benar baik untuk jadi langkah pertama dalam pengecatan ulangi dan pembersihan tembok.

Kandungan kimia yang terdapat dalam paint remover sanggup merontokkan tersisa cat lama hingga Anda bisa menukarnya dengan cat baru. Apabila sudah memberi paint remover, langsung sikat dengan kasat supaya kelupasan dapat terjadi dengan maksimal.

Ingat, masih tetap menjaga diri memakai sarung tangan dan masker pada proses bersihkan cat terkupas memakai paint remover.

Saat sebelum mengecat ulangi dinding rumah Anda, sebaiknya Anda mengamplas dinding lebih dulu. Mengapa begitu? Karena dinding sebagai sisa sisi cat terkupas mempunyai permukaan yang kasar. Untuk memperoleh dinding permukaan yang lembut, Anda harus mengamplas dinding dengan terus-terusan sampai memperoleh hasil yang Anda harapkan.

Bagaimana bila ada dinding yang berlubang? Tambah sedikit semen putih untuk menambal sisi itu. Semen putih mempunyai proses pengeringan yang semakin lebih cepat saat dipakai. Karena itu, pakai semen putih supaya langsung bisa ke arah tahapan paling akhir.

3.Gunakan cairan anti-jamur

Anda tahu tidak jika tembok yang lembab dapat terjadi karena perkembangan jamur pada permukaan atau celah-celahnya? Jika ini didiamkan, pasti dapat berbahaya untuk kesehatan dan menghancurkan bangunan tempat tinggal.

Berita baiknya, kamu dapat menyemprot cairan anti-jamur atau fungsida di bagian dinding yang terserang jamur. Tetapi, membersihkan dulu tempat itu dengan lap kering saat sebelum disemprotkan. Kemudian, baru kamu dapat beri cairan ini, dech.

Cairan anti jamur bisa Anda pakai sebagai salah satunya perlakuan protektif. Anda bisa juga menyemprot cairan itu pada dinding yang terserang jamur. Pemakaian cairan anti-jamur juga dapat Anda kerjakan sebagai langkah menghambat kembalinya jamur pada dinding.

4.Cat dinding dengan cat waterproof – cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

Biasanya, penggunaan bahan anti-air atau waterproofing kerap menjadi jalan keluar unggulan dari langkah menangani tembok lembab dan terkelupas. Sistem ini umumnya cukup hebat bila ada kebocoran di bagian itu dan telah ditangani.

Kamu dapat memberi cat dinding waterproof yang sanggup memberi pelindungan pada dinding tembok. Dengan demikian, dinding lagi menjadi kering dan kamu tidak butuh cemas lagi.

5.Gunakan dehumidifier

Langkah seterusnya untuk menangani dinding tembok yang lembab dengan manfaatkan dehumidifier. Dehumidifier adalah alat untuk hilangkan kelembapan di ruang. Anda bisa memakainya untuk kurangi kelembapan pada tembok rumah.

Untuk Anda yang punyai dehumidifier di dalam rumah, coba gunakan alat ini untuk kurangi kelembapan pada tembok. Alat ini seperti terlihat AC portable dan sanggup menyerap udara lembap berlebihan. Anda dapat menghidupkan alat ini di malam atau siang hari untuk mengoptimalkan perannya dan memperoleh rumah yang kering. Anda dapat manfaatkan alat yang ini ditambah saat musim penghujan datang.

Sayang, cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas ini mengahruskan Anda merogoh kocek agak dalam karena harga dehumidifier mahal hingga coba mencari referensi dehumidifier yang pas dengan bujet kamu.

Gunakan dehumidifier

6.Buat perputaran udara rumah – cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

Perputaran udara bisa menolong Anda untuk menghambat dinding rumah alami lembab. Ini bisa berbuntut pada rusanya cat dinding rusak sampai terkelupas yang berbuntut pada bertumbuhnya jamur. Jika dinding rumah telah lembab dan berjamur, Anda tinggal menanti saja sampai dinding rumah alami bocor.

Salah satunya langkah untuk membikin mekanisme perputaran udara yang bagus dengan biarkan pintu ruang terbuka. Tidak boleh malu untuk buka pintu ruang yang tidak dipakai. Membuka pintu ruang itu sepanjang beberapa saat untuk menangani tembok lembab dan berjamur.

Jika kamu ingin coba langkah alami menangani tembok yang lembab, upayakan untuk kerap buka sirkulasi atau jendela rumah. Ini khususnya harus dilaksanakan saat sebelum kamu mengecat dinding yang lembab.

Buka jendela dan sirkulasi seringkali mempunyai tujuan biarkan rumah ‘bernapas' dan memperoleh udara di luar. Dengan demikian, tembok kemungkinan lebih kering dibanding tidak memperoleh perputaran udara sama sekalipun.

7.Cat ulang tembok

Mengecat ulangi memang menjadi jalan keluar unggulan untuk menangani tembok yang lembab. Tetapi, kamu perlu hilangkan jamur pada dinding atau meratakan tembok saat ada kelupasan dan perpecahan.

Cat ulangi malah akan percuma bila kamu memaksakan melakukan tanpa lakukan itu semua. Anda dapat mengecat ulangi dinding tembok dengan opsi cat yang di-claim tahan pada air hujan, alkali, atau garam yang membuat tembok tidak lembab.

Disamping itu, kamu dapat pilih cat yang bisa membuat perlindungan dinding tembok dari bermacam keadaan cuaca, jamur, sampai pencemaran. Jika kebingungan, coba tanya ke toko bangunan yang nanti menolong kamu cari cat dinding yang akurat.

Sesudah Anda mengamplas ulangi dinding, saat ini Anda bisa mulai bisa mengecat ulangi tembok rumah Anda. Untuk menangani dinding lembab dan terkelupas yang akan datang, Anda dapat mengimplementasikan cat dasar yang mempunyai karakter anti air atau waterproof.

Cat waterproof benar-benar pas dipakai sebagai susunan dasar atau susunan pertama membuat perlindungan dinding rumah. Bila dinding Anda telah kedap air, karena itu dinding rumah Anda akan terbebas dari teror gempuran jamur yang bisa membuat cat dinding terkupas.

Apabila sudah memberi cat waterproof, Anda baru bisa menambah cat warna lain seperti keinginan. Gampang, kan?

Untuk pemilihan cat waterproof sendiri, seharusnya tidak boleh asal-asalan. Anda harus memakai cat waterproof dengan kualitas terbaik dan telah bisa dibuktikan hasil kerjanya.

Anda sudah mengetahui bahaya sekaligus tahu cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas, selanjutnya mari kita bahas jenis kelembaban yang menjadi penyebab tembok lembab dan mengelupas.

Jenis Kelembaban

Terdapat tiga jenis kelembaban yang dapat menyebabkan tembok lembab dan mengelupas yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini maka Anda dapat lebih optimal mengaplikasikan tuntas cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas tadi.

1.Kondensasi (pengembunan)

Kondensasi atau pengembunan ialah tipe lembab yang umum dan kerap menjadi pemicu perkembangan jamur. Ini umumnya terjadi saat kamu punyai sirkulasi yang jelek dan dapat menimbun pada dinding luar yang condong dingin.

Dinding yang alami kondensasi umumnya mempunyai butiran air pada permukaan atasnya dan kelembabannya baru berasa waktu dipegang. Walau umum terjadi, langkah menangani tembok lembab karena kondensasi lumayan gampang.

Pertama, Anda dapat buka jendela seringkali supaya perputaran udara dalam ruangan lancar. Lantas, janganlah lupa pakai dehumidifier dan hidupkan beberapa saat sehari-harinya.

2.Kelembapan yang naik dari tanah (rising damp) – cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas

Selainnya embun, tipe lembab yang lain yang umum terjadi pada tembok rumah ialah rising damp. Kelembapan ini cuma naik dari tanah lembab di bawah rumah dan menyebar ke injakan dan dasar lantai dasar rumah.

Umumnya, rumah yang semakin lebih kekinian dibuat susunan yang tahan lembab. Ini berperan sebagai penghambat di antara tanah dan rumah. Tanpa penghambat itu, beberapa rumah tua yang telah diperbaiki masih tetap beresiko alami kelembapan kronis.

Rising damp umumnya diikuti bintik atau sisa pasang pada tembok. Kamu kemungkinan dapat menyaksikan jamur yang tumbuh di pojok dinding. Jika ini terjadi, diskusikan dengan pakarnya karena ini mengikutsertakan susunan rumah keseluruhnya.

Kelembapan yang naik dari tanah (rising damp)

3.Kelembapan yang tembus dinding (penetrating damp)

Jika kelembapan pada tembok terjadi karena air tembus dinding luar ke arah sisi dalam, ini kemungkinan masuk ke kelompok penetrating damp. Keadaan ini dapat terjadi karena atap bocor, pecahnya ubin, aliran yang rusak, atau pipa yang bocor.

Penetrating damp kerap mucnul mendadak sebagai tambalan lembab pada bagian dalam dinding luar. Anda kemungkinan menyaksikan sisa air tumpah pada dinding atau plafon rumah.

Buat menangani permasalahan ini, kamu dapat cari tahu apa hal itu terjadi pada dinding luar, atap, atau pipa. Langkah menangani tembok lembab ini harus selekasnya untuk menghambat air masuk ke dalam dinding.

Sekarang sudah lengkap, sudah mengetahui bahaya sekaligus tahu cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas ditambah jenis kelembaban penyebabnya.

Penutup Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Mengelupas

Kami mengucapkan terima kasih telah membaca artikel yang membahas tuntas cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas dengan 9 tahapan, selain itu dibahas juga bahaya tembok lembab dan berjamur; dan jenis kelembabannya.ini sampai dengan selesai, semoga bermanfaat.

One Studio Arch – Konsultan Desain Rumah Bandung

“Kami mendesainkan rumah yang Indah, Nyaman, dan Fungsional, tempat pelepas lelah kebanggaan dan Lambang Kesuksesan kerja keras Anda”

Kunjungi kami:

Konsultan Desain Rumah Bandung One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.