...

21 Inspirasi Cantik Untuk Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Artikel yang memberikan 21 inspirasi cantik untuk desain rumah tanah dibawah jalan yang membuat kekurangan menjadi kelebihan.

Pengantar Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Membuat rumah dengan tanah dibawah jalan memang bukan hal yang gampang. Hal ini memerlukan “pengatasan” tanah secara khusus untuk mengakali bangunan dapat berdiri kuat dan aman. Ternyata ada beberapa desain rumah tanah dibawah jalan yang dapat memberi kenyamanan dan penampilannya aesthetic.

Meskipun dibuat di atas kontur yang dapat disebut anti mainstream, kenyataannya tempat tinggal bisa di kreativitaskan dengan penuh style. Tetapi, perlu ada penghitungan yang benar-benar masak untuk mendatangkan tempat tinggal yang sesuai mimpi dan sesuai keperluan.

21 Inspirasi Cantik Untuk Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Sebelum kita bahas inspirasi desain rumah tanah dibawah jalan, kita lihat dulu panduan-panduan desain rumah tanah dibawah jalan.

Panduan Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Saat sebelum ketahui bermacam ide design rumah pada tanah turun, Anda perlu pahami panduan penting membuat rumah pada keadaan kontur tanah miring. Tanpa rencana yang masak, proses pembuatan rumah akan jalan susah dan penuh kendala yang tidak tersangka.

1. Buat Fondasi yang Kuat dan Kuat

Waktu merencanakan untuk membuat rumah pada keadaan tanah turun, karena itu benar-benar dianjurkan untuk membuat fondasi tiang pancang kuat untuk menyokong bangunan tempat tinggal. Bila pemilik rumah tidak pahaminya, karena itu dapat pakai jasa tukang bangunan professional.

Dengan memakai jasa kontraktor professional, jadi lebih gampang pertimbangkan bahan bangunan yang pas, penempatan fondasi, ide rumah, dan faktor yang lain. Janganlah mengambil dampak negatif membangun rumah tidak ada rencana dan ide yang masak.

2.Menyiapkan Dinding Penahan

Pastikanlah jika design rumah di tanah turun mempunyai dinding penahan yang berada di bagian belakangnya. Bahkan juga Anda pun dianjurkan untuk mempertinggi kontur tanah sisi belakang, supaya permukaan atasnya sama dengan sisi depan rumah.

Arah mempersiapkan dinding penahan yakni supaya bangunan tempat tinggal makin kuat dan tidak gampang roboh saat terjadi musibah alam seperti longsor. Umumnya membuat dinding penahan cuma bisa dilaksanakan di ketinggian tanah sekitaran 2 m, di bawah itu maka susah dilaksanakan.

3.Buat Mode Bertingkat

Design rumah bertingkat pada tanah miring akan membuat rumah semakin kuat dan bisa kurangi ongkos pengurukan tanah. Meskipun bujetnya yang dipunyai tidak terlalu besar, minimal Anda dapat pertimbangkan untuk membikin rumah minimalis dengan mode bertingkat.

4.Perhatikan Permasalahan Kualitas Tanah

Tanah yang konturnya miring umumnya teksturnya benyek dan kurang konstan. Oleh karenanya, pastikan untuk membangun bangunan pada keadaan tanah yang padat dan simak. Maksudnya supaya bangunan tempat tinggal dapat terlindung secara baik dari musibah alam yang tidak tersangka.

5.Perhitungkan Kemiringan Setiap Seginya

Hal paling akhir yang penting jadi perhatian yakni permasalahan ketinggian kemiringan tempat, bangunan sekitaran, dan akses jalan. Supaya bangunan tempat tinggal semakin aman, karena itu tentukan tempat dengan konstruksi depan lebih rendah dibanding sisi belakang.

Setelah kita lihat dulu panduan-panduan desain rumah tanah dibawah jalan, selanjutnya kita bahas inspirasi desain rumah tanah dibawah jalan.

21 Inspirasi Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Design rumah dengan tanah dibawah jalan sebetulnya dapat direncanakan material dan beragam opsi mode. Pikirkan berkenaan ide tempat tinggal, baik berwujud pentas, memakai bahan beton, atau mode yang lain. Berikut ada 21 ide mode rumah pada tanah turun.

1.Design Rumah Container – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Gagasan design rumah di tanah turun yang paling akhir ialah yang dibuat dari container. Design ini benar-benar pas untuk mereka yang ingin mempunyai rumah dengan fasad unik dan berlainan dari lainnya. Bukan hanya itu, design seperti ini benar-benar ramah pada lingkungan karena memakai container yang tidak kepakai.

1.Design Rumah Container - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

2.Design Rumah Minimalis Simpel

Keuntungan membuat rumah pada keadaan tanah miring yakni mempunyai panorama alam yang beri kesegaran. Seperti design bangunan ini, dibikin ukuran minimalis diperlengkapi jendela kotak ukuran kecil. Meskipun sempit, tapi Anda dapat bebas menyaksikan panorama alam secara bebas.

2.Design Rumah Minimalis Simpel

3.Design Rumah Kayu – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Memakai material kayu untuk rumah di kontur tanah turun adalah opsi yang akurat. Rumah berbahan bangunan khusus kayu benar-benar pas untuk digunakan di kontur tanah yang tidak rata karena memberi kesan-kesan tempat tinggal yang kuat dan alami.

Supaya lebih kuat, padankan rumah kayu dengan dinding beton. Seumpama dengan dinding beton pada lantai bawah, dinding kayu di bagian atas rumah.

3.Design Rumah Kayu - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

4.Style Rumah Classic

Design rumah di tanah turun mengusung topik material kayu yang unik dan minimalis. Ide bangunan ini juga bisa disebutkan wainscoting yang tidak lain adalah semacam panel moulding yang dapat tutupi semua sisi tembok.

Ide wainscoting yakni mengaplikasikan dinding dialek kayu untuk membuat penampilan tempat tinggal yang classic. Ditambah dengan nuansa alami yang dapat mendatangkan kenyamanan baik dalam atau di luar rumah.

4.Style Rumah Classic

5.Design Rumah Kekinian – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Design rumah di tanah turun yang lain ialah berpenampilan kekinian. Style rumah ini benar-benar pas untuk golongan milenial dan gen Z yang ingin mempunyai tempat tinggal modern yang estetik. Bangunan tidak memiliki banyak detil karena mengangkat ide yang sleek dan neat, buat memunculkan kesan-kesan rapi.

Ada banyak jendela besar pada rumah buat memberi penerangan alami yang semakin lebih optimal, dan memberikan dukungan perputaran udara yang semakin lebih lancar di rumah.

5.Design Rumah Kekinian - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

6.Style Rumah Split Tingkat

Sesuai keterangan awalnya, jalan keluar membuat rumah pada keadaan tempat miring yakni mengaplikasikan ide split tingkat. Bila susunan fondasi telah pas, karena itu bangunan tempat tinggal akan berdiri dengan kuat serta lebih gampang tentukan pembagian ruang.

6.Style Rumah Split Tingkat

7. Design Rumah Kotak – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Buat mereka yang ingin memiliki bangunan atau fasad yang unik di tanah turun, design rumah ini ialah opsi yang paling tepat. Rumah dibuat style kotak-kotak memiliki tekstur. Agar lebih elok dan tidak monoton, tambah podium pada lantai 2 rumah. Selainnya mempunyai peranan seni, kedatangan podium bisa juga membuat situasi rumah jadi lebih rileks.

7. Design Rumah Kotak - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

8.Mode Rumah Perdesaan

Bangunan yang mengusung warna hijau di tengah-tengah tanah lega yang tidak rata ini kerap kali diketemukan di lingkungan perdesaan. Mode rumah dibikin minimalis pada permukaan tanah turun supaya semakin aman dan membuat akses jalan penghuninya lebih gampang.

8.Mode Rumah Perdesaan

9.Design Rumah Tanpa Pagar – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Design rumah di tanah turun setelah itu yang Tanpa pagar. Ini adalah design yang pas terutama mereka yang ada di perumahan dan memiliki kontur tanah yang turun.

Rumah menyengaja dibuat tanpa pagar, walau demikian terdapat dua tiang kecil di muka rumah sebagai batas di antara tempat pemilik dan jalanan umum. Garasi ada dari sisi rumah dengan tinggi yang semakin lebih rendah dibandingkan bangunan khusus.

9.Design Rumah Tanpa Pagar - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

10.Rumah Dengan Tangga yang Menawan

Ide design rumah di tanah turun ini benar-benar estetik karena dipadankan tangga turun di bagian sebelahnya. Bangunan tempat tinggal yang dikuasai kaca ditempatkan di bagian samping tangga persisnya pada tanah turun, hingga bangunan semakin aman bila alami guncangan.

10.Rumah Dengan Tangga yang Menawan

11.Design Rumah Simpel – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Beberapa orang menduga rumah yang ada di kontur tanah yang turun ialah rumah yang lebih besar, eksklusif, dan istimewa. Tetapi rupanya rumah berpenampilan simpel bisa juga dibuat di tanah yang turun.

Rumah mempunyai bentuk segi panjang yang turun ke bawah, tetapi memiliki tinggi atap yang masih sama. Ada pintu di sisi tengah rumah dan jendela pada dua segi rumah. Warna cat menyengaja diputuskan warna ceria dan netral buat memberi kesan-kesan luas, lega, dan lega pada rumah.

11.Design Rumah Simpel - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

12.Mode Rumah Dinding Batu Alam

Bangunan tempat tinggal berada pada permukaan bukit, hingga idenya dibikin seperti split tingkat. Supaya bangunann kelihatan unik, pemilik rumah menambah material batu alam sebagai tembok. Meskipun kelihatan bermainstream, tapi bangunan tempat tinggal ini sanggup memberi kenyamanan.

12.Mode Rumah Dinding Batu Alam

13.Design Rumah Alami – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Untuk Anda yang memiliki tanah turun yang agak miring dan tidak begitu tinggi, design rumah ini benar-benar pas diterapkan. Rumah memakai material yang bau alam, seperti kayu dan batu-batuan alami sebagai fondasinya.

Agar lebih elok dan sejuk, Anda dapat menanam tumbuhan hijau di sekitar rumah. Dengan demikian, tempat tinggal dapat berasa lebih natural .

13.Design Rumah Alami - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

14.Mode Rumah Minimalis

Membuat jalan setapak yang memiliki ukuran kecil, dapat menjadi ciri khas design rumah di tanah turun yang semakin lebih menarik lho. Tempat tinggal Anda akan terlihat lebih estetik, bersatu dengan alam, dan benar-benar pas jadi tempat rileks.

Ide bangunan yang dibuat dari material kayu seakan menunjukkan kesan-kesan classic. Bersatu dengan material batu alam, rumah yang dibuat pada kontur tanah tinggi ini kelihatan estetik dan menentramkan. Wah tertarik memakai ide bangunan ini?

14.Mode Rumah Minimalis

15.Design Rumah Dengan Garasi – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Design rumah di tanah turun yang ke-3 ialah yang memiliki garasi di bawah. Untuk Anda yang mempunyai tempat tinggal di tempat tanah dengan kontur turun, Anda dapat manfaatkan sisi bawah tempat tinggal sebagai garasi.

Selainnya mempermudah untuk parkir, design ini membuat sisi bawah rumah menjadi lebih berguna. Tentu saja, tempat tinggal akan kelihatan lebih rapi, estetik, dan kekinian.

15.Design Rumah Dengan Garasi - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

16.Rumah Style Scandinavian

Style design rumah di tanah turun ini serupa dengan ide scandinavian. Perihal ini pula yang mengakibatkan modenya terlihat kekinian dan mengagumkan. Meskipun dibuat di atas tanah tidak rata, bangunan itu mempunyai design yang unik, dan sealing tinggi.

16.Rumah Style Scandinavian

17.Design Rumah Panggung – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Design rumah di tanah turun setelah itu yang berpenampilan pentas. Design ini benar-benar pas untuk mereka yang mempunyai tempat tanah turun, tapi ingin memiliki rumah yang rata sama dalam biasanya.

Untuk merealisasikan ini, Anda dapat dengan membuat fondasi lebih dulu pada bagian bawah. Selanjutnya mengatur ketinggian agar sesuai kontur tanah yang terdapat. Dengan demikian, rumah oun dapat terus terlihat rata dan berpenampilan pentas.

17.Design Rumah Panggung - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

18.Mode Rumah Style Podium

Design rumah pada tanah turun adalah salah satunya referensi yang dapat Anda pakai. Ide bangunan nuansa putih ini diperlengkapi tangga podium yang memungkinkannya penghuninya dapat menyaksikan lanscape secara jelas dan bisa mengisap angin segar sepuas hati.

18.Mode Rumah Style Podium

19.Design Rumah Minimalis – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Ide design rumah di tanah turun yang pertama ialah berpenampilan minimalis. Rumah ini dapat pas dibuat pada tempat yang memiliki kontur tanah yang turun, baik terjal atau agak miring.

Rumah dibuat memanjang ke atas. Bangunan mempunyai bentuk yang sederhana dan minimalis, tanpa banyak detil menonjol. Sisi tengah rumah yang semakin lebih tinggi mempunyai tempat podium yang lumayan luas hingga bisa dipakai untuk santai. Agar kesan-kesan minimalis semakin terasa, terapkan satu warna saja seperti putih, sebagai warna netral untuk semua dinding rumah.

19.Design Rumah Minimalis - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

20.Design Rumah Kontemporer

Kenapa diberi nama kontemporer? Karena bangunan ini terlihat memprioritaskan kesederhanaan, mainkan struktur, dan memakai warna netral. Style kontemporernya kelihatan di bagian tiangnya yang memakai batu alam, selanjutnya sisi atapnya menunjukkan kesan-kesan netral.

20.Design Rumah Kontemporer

21.Rumah Panggung – Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Mode rumah style pentas pas diaplikasikan pada keadaan kontur tanah yang tidak rata. Namun, pemilik rumah perlu pertimbangkan material yang aman dan pas supaya bangunan bisa berdiri kuat. Umumnya rumah pentas banyak dijumpai pada wilayah daratan tinggi.

Material yang dipakai untuk rumah pentas dapat memakai bahan beton dan kayu. Sesuai ide bangunan di bawah yang memakai kombinasi bahan kayu, kaca, dan beton supaya sanggup berdiri kuat dan tingkatkan keamanan penghuninya.

Design rumah di tanah turun dapat dibikin sesuai dengan selera, asal memerhatikan material yang dipakai. Pastikan material yang dipakai telah sesuai ide dan sanggup menyokong bangunan dengan kuat, hingga Anda akan berasa lebih nyaman dan aman.

21.Rumah Panggung - Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Penutup Desain Rumah Tanah Dibawah Jalan

Kami mengucapkan terima kasih telah membaca artikel yang memberikan 21 inspirasi cantik untuk desain rumah tanah dibawah jalan yang membuat kekurangan menjadi kelebihan ini sampai dengan selesai, semoga bermanfaat.

One Studio Arch – Konsultan Desain Rumah Bandung

“Kami mendesainkan rumah yang Indah, Nyaman, dan Fungsional, tempat pelepas lelah kebanggaan dan Lambang Kesuksesan kerja keras Anda”

Kunjungi kami:

Konsultan Desain Rumah Bandung One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.